Tuesday, June 14, 2011

Berarung Jeram di Sungai Bongka

MENCARI lokasi arung jeram yang menantang sekaligus memiliki panorama yang indah memang tidak mudah. Salah satu yang memiliki kedua hal tersebut adalah Sungai Bongka.

Sungai ini terletak di Kecamatan Ulubongka, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. Di kawasan hulu, sungai ini sesungguhnya melintasi kabupaten Morowali dan Banggai. Sungai ini memiliki debit dan arus sungai ini cukup deras disebabkan kondisi kawasan Hulu sungai yang masih perawan.

Kawasan tersebut meliputi Hutan Lindung mencapai 135.842 Ha (41.5 persen), Hutan Suaka Alam dan Hutan Wisata 57.620 (17,6 persen), dan areal hutan lainnya.

Aliran sungai Bongka ini berpotensi untuk dikembangkan sebagai Objek wisata petualangan, khususnya arung jeram.

Bagi Anda peminat olahraga arung jeram Sungai Bongka ini sangat strategis dan menantang dengan tingkat kesulitan relatif berat. Aliran sungai di tempat yang sangat deras ditambah variasi jeram dengan berbagai ketinggian dan bentuknya akan menguji keterampilan para pengarung jeram.

Selain itu kawasan ini juga memiliki daya tarik berupa panorama alam yang indah disertai aneka flora fauna yang ada di kawasan sepanjang sungai ini, Hal menarik lain bahwa di sekitar Sungai Bongka terdapat pemukiman masyarakat adat Tau Taa Wana yang sekaligus memungkinkan pula menyaksikan kehidupan sosial budaya masyarakat adat Ta'a sambil menikmati kesenian tradisional yang masih tetap dipertahankan oleh masyarakt adat Ta'a dewasa ini.

Waktu tertentu kita bisa menyaksikan bagaimana mereka mengarungi sungai deras ini dengan menggunakan rakit bambu sambil mengarahkan rotan yang akan mereka jual ke kota.

Iklim di Kawasan hulu sungai Bongka dapat diklasifikasikan menurut iklim Oldeman, yakni klasifikasi iklim C2, dimana keadaan curah hujan dengan bulan basah selama 5± 6 bulan dan bulan kering 2 ± 3 bulan. Curah hujan rata-rata minimum pada bulan basahberkisar 200 mm/bulan, dan bulan kering rata-rata maksimum 100 mm/bulan.

Quoted from :http://travel.okezone.com/read/2011/06/15/407/468561/berarung-jeram-di-sungai-bongka

Supported by : JavaTourism.com | Lintang Buana Tourism Services | Java-Adventure.com| Javabikers.com | Liburs.com|TourSumatra.com | FloresTour.com

No comments:

Post a Comment