Thursday, March 10, 2011

Sekolah Lama

Lebih dari 100 tahun setelah wilbur wright and orville wright menemukan pesawat, dunia kini mengenal lebih dari 1.400 maskapai. Iklan-iklan tua berikut mengajak kita bernostalgia pada wajah mereka di masa lampau.

Garuda Indonesia
Pada 26 januari lalu, maskapai ini merayakan ulang tahunnya yang ke-62. Bung karno menyematkan nama ”garuda” setelah terinspirasi bait sajak noto soeroto: ”aku adalah garuda, burung milik wisnu yang membentang sayapnya menjulang tinggi di atas kepulauanmu.”

Air New Zealand
Pada 1961, pemerintah selandia baru membeli tasman empire airways, lalu empat tahun kemudian mengubah namanya menjadi air new zealand.

Air France
Maskapai yang berdiri pada 1933 ini sempat mengguncang dunia saat meluncurkan pesawat supersonik concorde yang mampu melesat lebih dari 2.000 kilometer per jam. Sejak mei 2004, air france telah bergabung dengan klm.

Cathay Pacific
Maskapai ini didirikan pada 1946 di hong kong oleh dua warga asing: roy c. Farrell asal amerika dan sydney h. De kantzow asal australia. Legenda mengatakan, nama ”cathay” ditemukan di tengah obrolan santai di sebuah bar di manila hotel. Sejarah salah satu maskapai terbaik di dunia ini terekam apik di museum di hong kong.

Philippine Airlines
Maskapai ini didirikan pada february 1941 oleh sekelompok pengusaha di bawah pimpinan andres soriano. Seperti tertulis di iklan, ia mengusung tagline “asia’s first airline”.

Japan Air Lines
Di 2004, maskapai ini berga-bung dengan japan air system (jas). Penulisan namanya kini menjadi japan airlines.

Korean Air Lines
Banyak maskapai memiliki standar berbeda dalam menulis ”air lines” (atau ”airlines”). Maskapai nasional korea ini berdiri pada 1962, namun kemudian gulung tikar dan bereinkarnasi menjadi korean air pada 1969.

Air-India
Cara penulisan namanya kini telah berubah, dari air-india menjadi air india. Maskapai ini didirikan pada 1932 oleh j.r.d tata, figur legendaris yang dijuluki ”bapak penerbangan sipil india”.

TWA
Perjuangan howard hughes mengembangkan trans world airlines bisa kita saksikan di film aviator yang dibintangi leonardo dicaprio. Maskapai ini diakuisisi american airlines pada 2001.

KLM
Klm adalah akronim dari koninklijke luchtvaart maatschappij voor nederland en koloniƫn, yang berarti dutch royal airlines for the netherlands and its colonies. Penerbangan monumental amsterdam-batavia diluncurkan pada 1 oktober 1924 menggunakan pesawat jenis fokker f-vii.

Pan Am
Pan am adalah nama beken untuk pan american world airways, maskapai yang didirikan juan terry trippe pada 1927. Setelah lumpuh akibat krisis finansial, ia berhenti beroperasi pada 1991.

China Airlines
Meski bernama china airlines, maskapai raksasa ini sebenar-nya berdiri di taiwan pada 16 desember 1959.

Sumber : Majalah JalanJalan

Didukung Oleh :
JavaTourism.com | Lintang Buana Tourism Services | Java-Adventure.com| Javabikers.com | Liburs.com|TourSumatra.com | FloresTour.com

No comments:

Post a Comment